BOOKING TIKET PESAWAT

game online nusantara

game online nusantara. Info sangat penting tentang game online nusantara. Mengungkap fakta-fakta istimewa mengenai game online nusantara

Anda penggemar game online? Jawabannya kemungkinan besar iya. Sebab sekarang ini game online diperkirakan dimainkan oleh 6 juta orang diantara 30 juta orang pengguna internet di Indonesia. Dan game online kabarnya menempati urutan ketujuh untuk pemakaian aplikasi Internet yang sering digunakan di Indonesia setelah email, instant messenger, social networking, search engine, berita online, dan blog.

Dunia game online dewasa ini banyak dikuasai oleh produk dari negara asing. Umumnya banyak mengetengahkan permainan dengan tema perang dan petualangan fiksi ilmiah. Tapi sebentar lagi ada produk game online local yang bakal mendobrak dominasi itu. Game dengan basis Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) ini dibuat oleh Dany Aditya dan dinamakan Nusantara Online (NUSOL). Konon, Nusantara Online sudah dirancang selama tiga tahun dan akan terus dikembangkan hingga sepuluh tahun ke depan.

Nusantara Online merupakan produk asli anak bangsa. Tokoh utamanya adalah Maha Patih Gajah Mada. Game ini memang mengambil setting masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Kualitas produknya sudah setingkat dengan produk game online dari Korea. Nusantara Online sebenarnya sudah diresmikan oleh Presiden pada tanggal 26 Juni 2009 lalu bersamaan dengan Peresmian Pembukaan Pekan Produk Kreatif Indonesia 2009 yang bertempat di di Assembly Hall 1, Jakarta Convention Center. Bahkan sudah bisa dimainkan secara online oleh kalangan terbatas yaitu para pengguna ISP MelsaNet karena Nusantara Online masih dalam taraf uji coba. Kabarnya game online ini dapat dimainkan oleh semua pengguna internet setelah versi komersialnya dirilis pada bulan Nopember 2009 yang akan datang.

Menguasai Nusantara Bersama Gajah Mada

Selamat datang! Seorang pria tegap berwajah tegas segera menemui Anda. Setelah memperkenalkan diri, ia akan membimbing dan memandu Anda untuk beberapa waktu. Itulah Patih Gajah Mada, tokoh besar di Kerajaan Majapahit. Selain Gajah Mada, sesuai dengan pilihan, kadang-kadang Raja Hayam Wuruk atau Sri Baduga Maharaja dari zaman Kerajaan Pajajaran juga akan menyambut Anda dalam Nusol atau Nusantara Online.

Inilah game online multi-pemain yang dapat memainkan karakternya sesuka hati. Dalam jagat permainan virtual, jenis game seperti ini sering disebut juga role playing game --RPG. Di dalam Nusol, pemain akan segera masuk dalam lingkup sejarah kerajaan-kerajaan Nusantara. Pada bagian awal, pemain akan disodori pilihan berpetualang pada zaman Majapahit, Pajajaran, atau Sriwijaya.

Jika memilih Majapahit, sang gamer akan bertemu dengan Patih Gajah Mada tadi. "Mereka masuk dalam kategori non-playable character, tokoh yang tidak dimainkan gamer. Mereka akan mengantarkan kita masuk ke dalam cerita game," kata Rama Dwissa Wiana, Direktur Audio Visual Nusantara Online.

Tema dan latar belakang sejarah yang ditawarkan Nusol tentu jadi sangat berbeda dari arus besar game online multi-pemain pada saat ini. Umumnya, kalau tidak tembak-tembakan, mereka mengandalkan petualangan fiksi ilmiah-masa depan atau negeri khalayan antah-berantah.

Salah satunya adalah game perang-perangan Counter Strike (CS) yang populer di kalangan anak muda. Karena itu, tak mengherankan, banyak juga pusat persewaan game online yang menawarkan CS. Misalnya Studio One di Jalan Gejayan, Yogyakarta. Selama Ramadan ini, kios Studio One justru makin banyak pengunjungnya. Mulai pukul 10 malam hingga waktu sahur, persewaan game berkapasitas 50 unit komputer itu selalu penuh. "Biasanya malah sampai antre," kata Wahid Nur Hidayat, seorang teknisi Studio One.

Mereka rela antre karena ingin bermain CS. Mereka bahkan sampai membentuk kelompok komunitas penggemar CS tersendiri, yang biasa disebut "klan". "Biasanya tiap klan terbentuk karena bermain dalam satu server," tutur Wahid.

Toh, para gamer itu mengaku belum banyak tahu tentang Nusol. Wajar saja, Nusol memang baru dirilis ke pasar mulai November depan. "Ah, yang benar? Produksi lokal? Tapi penerbitnya pasti dari luar," kata Sanega, 24 tahun, menduga-duga ketika ditanya tentang Nusol. Sanega mengaku pernah memainkan game serupa Nusol bertajuk Tantra. "Petualangannya lebih banyak tentang kebudayaan Hindu," katanya.

Apakah kelak Nusol akan merajai beragam tempat sewa game tersebut? Direktur Pemasaran PT Nusantara Wahana Komunika (Nusakom), Alfie Rhaditya, optimistis bahwa Nusol bakal merebut tempat di pasar. Menurut Alfie, perjalanan sejarah dan budaya Indonesia jauh lebih menarik, kaya akan keanekaragaman. Meskipun para gamer telah lama akrab dengan cerita-cerita asing, Alfie optimistis, Nusol akan laku di pasar.

Namun, sebagai pendatang baru, target Nusol memang tak muluk-muluk. Menurut Alfie, Nusol akan menarik para pendatang baru dalam dunia game digital. Baik mereka yang belum pernah sama sekali main game maupun yang baru pertama kali bermain jenis game online. "Tak tertutup kemungkinan juga mereka para gamer online. Kami optimistis, Nusol punya prospek bagus," ujar Alfie.

Soalnya, menurut Alfie, Nusol adalah game istimewa. Selain menghibur, Nusol dapat juga dipandang sebagai sarana pendidikan. "Mereka yang memainkannya jadi tahu secara rinci tentang bagaimana sejarah kejayaan Nusantara masa lalu," Alfie menambahkan.

Untuk menarik lebih banyak penggemar, Nusol akan dikembangkan dan dilengkapi dengan sejumlah fitur baru. Contohnya koneksi game dengan situs jejaring sosial Facebook. "Mereka juga bisa chatting sembari main game," ujar Alfie.

Daya saing yang lainnya, menurut Alfie, adalah soal harga. "Nusol adalah game yang diberikan secara gratis," katanya. Cuma, ada berbagai fitur kelengkapan tokoh dalam Nusol yang harus dibeli. Misalnya aksesori, senjata, keterampilan, dan kostum. "Kalau ingin meningkatkan performa dan martabat tokoh, gamer bisa membelinya pada kami," tutur Alfie. Pembelian bisa dilakukan, misalnya, dengan membeli voucher Indosat.

Makin banyak perlengkapan tokoh pemain, makin tinggi posisinya. Secara ringkas, Nusol bercerita tentang masa ketika rakyat Nusantara telah memiliki sistem kemasyarakatan serta perikehidupan yang maju dan terstruktur. Pemain dituntut harus mampu membangun sistem kemasyarakatan itu dan memperkokoh kerajaan.

Dalam skenario gameplay-nya, kemasyhuran nama Nusantara pun bergema ke seluruh penjuru dunia. Ini membuat negara- negara lain tertarik akan keberadaannya. Tapi kemasyhuran itu akhirnya menjadi rebutan pihak-pihak yang ingin menguasainya, sehingga Nusantara yang megah ini pun tak luput dari berbagai konflik.

Segala upaya dilakukan berbagai pihak untuk menguasai kekayaan Nusantara. Hingga suatu saat beredar rumor yang menyatakan adanya suatu kebijaksanaan dan kekuataan yang sangat tua. Mereka yang dapat menguasai kekuatan itu akan pula menguasai seantero Nusantara. "Cerita itu berdasarkan satu serat kuno Dewa Ruci," kata Rama. Jadi, karakter dalam permainan ini, "Akan melakoni cerita Dewa Ruci," ia menambahkan. Mulai dari bukan siapa-siapa hingga mumpuni dengan sejumlah keahlian.

Untuk memainkan Nusol, sang pemain tentu mesti mendaftarkan diri dulu di situs yang telah disediakan. Kemudian ada sejumlah karakter laki-laki atau perempuan yang dapat dipilih. Misalnya, ada Pradhabasu (Makadga, ahli pedang), RaTanca (Janggan, ahli pengobatan), Panji Saprang (Mamanah, ahli panah), dan BangoLumayang (Astadipati, telik sandi). "Semua bisa dipilih dan diubah sesuai dengan keinginan masing-masing," ujar Rama.

Pada awal permainan, gamer akan menjalankan karakter yang masih memiliki kesaktian sedikit. Kemampuannya akan berkembang sesuai dengan jalan cerita yang ditentukan. Dalam Nusol, para pemain diajak berpetualang. Di sinilah kemudian disisipkan pula suatu hikayat. "Para Nusol harus mengikuti hikayat," kata Rama. Pada episode perdana, dicantumkan hikayat Timun Mas dan Joko Kendil. "Di sini pemain ditantang bagaimana caranya dia bisa membantu dan menyelamatkan Timun Mas," katanya.

Dalam berkelana itu, tentu saja ada musuh yang menghadang. Musuh ini dinamakan "Seteru". Tak tanggung-tanggung, ada 10 musuh yang akan mengganggu di perjalanan. Dari genderuwo, setan usus, jerangkong, hingga buaya putih. Setiap perjalanan akan menuntun player ke daerah baru dan tugas baru.

Tak hanya musuh, para pemain Nusol juga akan bertemu dengan Abistya atau mereka yang bukan musuh. Mereka ini, dalam daftar misalnya, ada kepala desa, pandai besi, dan pemburu.

Dalam pengembangan upaya ke masa depan, disisipkan pula ensiklopedia Nusantara. Ini diperlukan, misalnya, ketika gamer sedang berpetualang di suatu tempat dan menemukan situs budaya, ia tinggal klik ikon ensiklopedia dan dapat mengunduh informasi yang ada.

Lalu, petualang seperti apa yang akhirnya dapat menguasai Nusantara?

"Wah, nggak ada, ha, ha, ha.... Game ini open-ended, nggak ada kata akhirnya," kata Rama.


BOOKING TIKET PESAWAT
Powered By : Blogger